aki bekas

Hati-hati Pakai Aki Bekas yang Direkondisi, Ini Bedanya!

Tidak aneh jika aki bekas masih diperjualbelikan. Bahkan ketika kamu ganti aki mobil, aki lama bisa ditukar tambah dengan aki baru di bengkel. Harga jual aki bekas mobil bisa kurang lebih Rp100 ribuan.

Tetapi ada pula oknum yang menyalahgunakan penjualan aki bekas ini. Apalagi tidak semua pengguna kendaraan sedang memiliki anggaran untuk membeli aki baru, padahal aki lama sudah harus diganti. Jadi, mereka terpaksa membeli aki bekas atau rekondisi.

Mari kita simak informasi seputar aki bekas.

Perbedaan Aki Bekas dan Aki Rekondisi

Menurut salah satu pemilik toko aki, aki bekas yang di-recharge masih aman digunakan. Pemakaian aki bekas ini juga tidak meledak. Kamu bisa gunakan aki bekas secara aman asalkan tidak rusak. Biasanya harga aki bekas ini dibanderol sekitar Rp200 ribu, kurang dari setengah harga aki baru.

Sementara itu penggunaan aki rekondisi tidak dianjurkan. Aki rekondisi adalah aki yang pernah rusak kemudian direkondisi. Aki yang sudah direkondisi ini akan terlihat sudah pernah dibongkar dan dipasang kembali.

Jika dilihat dari fisiknya, ciri-ciri yang mencolok pada aki rekondisi adalah terminal yang sudah tergores dan warna logo pada samping aki pudar atau kusam. Kemudian, cover-nya juga terlihat agak melengkung. Ciri ini biasanya terlihat pada aki basah. Sementara aki kering rekondisi biasanya jarang ditemukan.

Meskipun murah, tetapi karena usia pakai yang sangat pendek membuat kamu akan lebih rugi. Misalnya ketika aki sudah tidak bisa digunakan dalam waktu 2 bulan, kamu harus beli aki lagi. Untuk menghindari membeli aki rekondisi atau bekas, kamu bisa membelinya di toko aki terpercaya.

Pemanfaatan Aki Bekas secara Ilegal

Peleburan aki bekas secara ilegal telah terjadi di Indonesia sejak 1978. Sampai sekarang masih banyak ditemukan praktik peleburan aki ini. Hal ini terjadi karena dari ratusan juta kendaraan bermotor mampu menghasilkan sekitar 500 ribu ton aki bekas. Sangat potensial untuk dijadikan lahan bisnis.

Peleburan ini bertujuan untuk mendaur ulang timbal (Pb). Pb ini banyak ditemukan pada aki. Beberapa oknum melakukan peleburan dengan bahan terbatas dan tidak aman. Contohnya menggunakan kuali atau pembakaran di halaman. Daur ulang Pb ini yang memiliki nilai ekonomis.

Temperatur leleh Pb tidak terlalu tinggi, yaitu 327,5 derajat celcius. Cara meleburnya sederhana dan sangat mudah. Tetapi dampaknya sangat buruk. Daur ulang limbah B3 ini dapat mencemari air, tanah, dan udara.

Pb adalah bahan yang mudah menguap. Bau yang ditimbulkan pun pekat dengan asap hitam yang juga pekat. Apabila terhirup saat dilakukan proses peleburan, bisa menimbulkan bahaya bagi manusia.

Contoh bahaya daur ulang ilegal ini adalah anak-anak yang cacat mental, pertumbuhan IQ yang rendah, sampai dengan kematian. Hal ini telah terbukti terjadi di lingkungan tempat praktik peleburan aki bekas dilakukan.

Wow, fakta yang sangat mengejutkan ya!

Tips Membuang Aki Bekas

Setelah mengetahui bahayanya daur ulang aki secara ilegal, maka kamu perlu tahu bagaimana cara yang tepat untuk membuang aki bekas.  Jangan buang sembarangan ya, karena dapat mencemari lingkungan dan berbahaya bagi manusia.

Jangankan membuang aki, membuang baterai kering yang sering kita gunakan pada remot TV secara sembarangan juga berbahaya. Contohnya, lapisan baterai kering itu terkelupas sampai terbuka. Setelah itu baterai akan terkena panas dalam waktu panjang dan terurai. Zat kimianya bisa beterbangan dan terhirup manusia.

Selain itu, bahan kimia itu juga bisa terserap ke tanah kemudian bercampur dengan air atau diserap oleh tumbuhan di sekitarnya.

Maka dari itu cara membuang aki lama adalah memberikan kepada orang yang mampu mendaur ulang. Komponen aki bisa didaur ulang sampai 90 persen dan dapat digunakan untuk kebutuhan lain.

Cara berikutnya adalah dengan memberikannya ke pabrik resmi. Pabrik resmi ini sering mengadakan program untuk mengembalikan aki bekas. Yang terakhir, kamu bisa memberikannya kepada toko loak. Tetapi pastikan toko loaknya tidak melakukan rekondisi aki.

Itu tadi informasi tentang aki bekas. Untuk penggunaan pribadi, sebaiknya kamu menggunakan aki baru ya. Tips agar tidak mengalami kebocoran dana saat aki tiba-tiba minta ganti adalah dengan mencatat pembelian aki kering dan sering mengecek kondisi aki basah.

Kamu bisa ganti aki baru di 1.000+ bengkel terpercaya se-Jabodetabek melalui aplikasi Otoklix. Kumpulkan OtoPoints dan juga dapatkan promonya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *