bengkel kaki kaki mobil terdekat

Tips Memilih Bengkel Kaki-kaki Mobil Terdekat

Bagi kamu yang sering berkendara di jalanan yang berlubang atau kondisinya rusak, biasanya akan lebih cepat terjadi kerusakan pada kaki-kaki mobil kamu. Jika kamu merasakan mobil bergetar atau berguncang lebih dari biasanya atau kemudi yang tidak stabil, kamu wajib cek mobilmu di bengkel kaki-kaki mobil terdekat.

Nah, bagaimana tips memilih bengkel kaki-kaki mobil terdekat?

Tips Memilih Bengkel Kaki-Kaki Mobil Terdekat

Bengkel yang khusus atau spesialis menangani perbaikan kaki-kaki mobil memang belum banyak. Maka dari itu, saat menemukan bengkel spesialis kaki-kaki mobil, kamu perlu memperhatikan beberapa hal, agar tidak kecewa dengan pelayanannya.

1. Bengkel sudah berpengalaman

Kaki-kaki mobil adalah bagian penting pada mobil karena jika terjadi kerusakan pada kaki-kaki mobil bisa menyebabkan kemudi tidak stabil. Jadi, pastikan bengkel yang kamu datangi adalah bengkel yang sudah berpengalaman dan memiliki mekanik yang andal serta berpengalaman, ya. 

Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan mencari tahu sudah berapa lama bengkel itu berdiri. Bengkel yang sudah lama berdiri biasanya sudah banyak menangani service kaki-kaki mobil.

2. Memiliki pelayanan yang baik

Kenyamanan kita ketika melakukan service didukung oleh pelayanan yang ramah oleh mekanik maupun pemilik bengkel. Kamu juga perlu memperhatikan apakah mekanik atau pemilik bengkel terbuka untuk diajak berdiskusi dan tidak asal mengganti komponen tanpa persetujuan dari kita.

3. Cek testimoni

Saat ini kita bisa dengan mudah mengecek testimoni bengkel kaki-kaki mobil terdekat melalui internet seperti Google Maps dan media sosial. Kita juga bisa mengecek reputasinya dengan bertanya kepada teman atau kerabat yang pernah melakukan service di sana. 

4. Sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan

Perawatan mobil memang tidak murah. Jika siap membeli mobil sebaiknya kamu juga siap menerima risiko harus rutin melakukan perawatan agar mobil tetap prima. Begitu juga dengan service kaki-kaki mobil.

Tak dipungkiri, banyak bengkel dengan kualitas bagus memiliki harga yang cukup tinggi. Tetapi sebenarnya tidak selalu demikian. Banyak pula bengkel yang menawarkan kualitas bagus tetapi dengan harga yang ekonomis. Jadi, pintar-pintarlah mencari bengkel kaki-kaki mobil terdekat, ya.

Komponen Kaki-kaki Mobil

Kaki-kaki mobil bukanlah satu komponen, tetapi merupakan sistem penyangga mobil. Disebut kaki-kaki karena memang berfungsi untuk menahan mobil agar tetap stabil dan nyaman ketika digunakan. Adanya kaki-kaki mobil ini akan membuat penumpang tetap nyaman meskipun sedang berjalan di jalanan berlubang atau jalanan rusak.

Ada baiknya sebelum melakukan service di bengkel kaki-kaki mobil terdekat, kamu perlu mengetahui apa saja komponen pada kaki-kaki mobil. Beberapa komponen kaki-kaki mobil adalah sebagai berikut.

1. Ban mobil

Tentu saja ini adalah komponen paling penting sebagai penyangga mobil. Roda dan ban dengan kondisi yang baik akan membuat mobil kamu berjalan seimbang.

Cara merawat ban mobil adalah yang pertama selalu menjaga tekanan ban mobil dalam kondisi ideal. Kedua, menjaga bentuk ban mobil agar tidak ada benjolan atau bahkan sobek. Caranya adalah dengan berhati-hati ketika berjalan di jalanan yang tidak rata. Kamu bisa berkendara dengan kecepatan rendah.

Cara ketiga merawat ban mobil adalah dengan melakukan pengecekan rutin di bengkel kaki-kaki mobil terdekat. Tips keempat adalah dengan menggunakan ukuran ban dan velg yang sesuai. Kalaupun ingin dimodifikasi, usahakan tidak membebani kerja mobil.

Tips berikutnya adalah dengan tidak terlalu sering membawa beban berat ketika berkendara.

2. Suspensi 

Suspensi berfungsi meredam guncangan atau getaran keras ketika mobil melaju di jalanan yang tidak rata. Letak suspensi ini berada tepat di atas empat roda mobil. Cara mendeteksi kerusakan pada suspensi atau shockbreaker adalah mendengarkan suara mesin. 

Jika ada suara bising yang tidak wajar ketika mobil dikendarai, bisa jadi itu karena shockbreaker yang rusak. Kamu bisa segera membawanya ke bengkel kaki-kaki mobil terdekat ya untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

2. Bushing

Bushing berfungsi untuk meredam guncangan seperti suspensi. Bushing ini memaksimalkan kerja suspensi. Bentuknya adalah karet khusus yang diletakkan di bagian atas ban. Selain itu, fungsi bushing juga untuk menyeimbangkan suspensi kanan dan kiri.

Cara mengetahui bushing bermasalah adalah dengan merasakan kemudi melenceng ke kanan dan kiri saat sedang berkendara lurus. Biasanya kerusakan bushing juga ditandai dengan suara gemuruh pada ban mobil.

3. Bearing atau bantalan roda 

Berfungsi meredam gesekan pada sumbu putar dalam ban mobil. Cara mendeteksi kerusakannya juga dengan cara mendengarkan suara mesin. Jika ada suara gemuruh ketika roda diputar, maka kemungkinan ada kerusakan pada bearing atau bantalan roda.

4. Tie rod

Berfungsi untuk menghubungkan kemudi dengan kaki roda agar bisa berbelok.

5. Ball joint 

Fungsinya memudahkan suspensi untuk bergerak. Jika terjadi kerusakan pada tie rod dan ball joint, kamu akan mendengar suara dari arah lengan tie rod berada. Selain itu kamu bisa juga mengecek kondisi fisik kedua komponen itu. Jika terlihat aus atau tidak halus, berarti komponen itu harus diganti di bengkel kaki-kaki mobil terdekat.

Demikian, informasi mengenai kaki-kaki mobil yang semoga saja bisa membantu kamu. Jika kamu mencari bengkel terbaik, kamu bisa menginstal aplikasi Otoklix. Ada 1.000+ bengkel se-Jabodetabek, lho!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *