biaya service ac mobil avanza

Ternyata Segini Biaya Service AC Mobil Avanza, Mahal?

AC mobil Avanza kamu tiba-tiba panas dan perlu service? Intip dulu berapa biaya service AC mobil Avanza yang akan Otoklix bagikan supaya bisa siapkan dananya.

Berapa Biaya Service AC Mobil Avanza?

Biaya service AC mobil Avanza bervariasi, tergantung bengkel mana yang menangani. Angka ini hanya kisaran, agar kamu bisa mempersiapkan dana perawatan untuk mobilmu.

Jika kamu harus mengganti komponen, biasanya penggantian seal, thrust, bearing, soe, shaft seal, maka penggantian komponen ini memakan biaya sekitar Rp475-700 ribu.

Harga fanbelt AC mobil mulai dari Rp40 ribuan, sementara extra fan paling murah sekitar Rp300 ribuan. Extra fan yang rusak lebih baik diganti baru saja daripada diperbaiki untuk menghindari risiko potensi kerusakan mendadak.

Namun, jika kompresor yang mengalami kerusakan, maka biaya service AC mobil Avanza bisa jadi cukup mahal. Untuk mobil Avanza, satu unit kompresor buatan Denso biasanya dijual dengan harga Rp1,6 juta. Biaya tersebut sudah termasuk pembersihkan seluruh sistem AC di bagian depan hingga belakang.

Untuk perbaikan ringan seperti membersihkan blower dan filter AC, kamu hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp215 ribu untuk biaya service mobil Avanza di bengkel.

Rincian kisaran harga service AC mobil Avanza lainnya bisa kamu cek di bawah ini:

  • Pengecekan awal: Rp200 ribu
  • Menambal kebocoran Freon: Rp400-600 ribu
  • Pengisian Freon: Rp150-300 ribu
  • Pembersihan komponen AC mobil: Rp100 ribu
  • Memperbaiki sparepart rusak: Rp300-2 juta
  • Mengganti oli pelumas, flushing, mengganti komponen piston: Rp300-800 ribu
  • Penggantian magnetic clutch: Rp300-500 ribu
  • Memperbaiki komponen kondensor: Rp100-200 ribu
  • Jasa perbaikan service: Rp100-200 ribu

Penyebab Kerusakan AC Mobil 

Harga service AC mobil bisa dibilang masih terjangkau tetapi juga bisa jadi mahal kalau sudah rusak parah. Oleh karena itu, ketahui penyebab kerusakan AC mobil yang perlu kamu antisipasi.

1. Freon sudah habis 

Freon habis adalah penyebab paling umum AC mobil tidak lagi dingin. Perlu diwaspadai jiak Freon cepat habis karena itu bisa menandakan bahwa ada kebocoran pada sistem AC. Kebocoran ini bisa disebabkan oleh komponen karet yang sudah aus atau bisa juga karena ada masalah pada kompresor.

2. Tersumbatnya filter ac mobil

Masalah paling sering juga terjadi pada filter AC. Debu yang lama kelamaan menumpuk bisa menyumbat filter AC. Jika kamu jarang membersihkan filter pada AC maka sirkulasi udara yang dikeluarkan tidak bisa optimal atau paling parah udara AC tidak akan keluar.

3. Kinerja motor fan yang lemah

Extra fan berfungsi untuk membuat kondensor mengkondensasi udara di dalam agar udara bisa masuk ke kabin mobil. Jika extra fan rusak, maka kerja kondensor akan tidak optimal. Masalah yang biasanya terjadi pada komponen ini adalah terkadang mati dan paling parah mati total.

4. Evaporator tidak terawat

Evaporator yang kotor akan membuat sirkulasi menjadi terhambat. Debu tidak dapat disaring oleh filter karena sudah sangat menumpuk. Hal ini bisa terjadi jika evaporator AC jarang sekali dibersihkan dan dirawat.

5. Kondensor yang jarang dibersihkan

Kondensor terletak di dekat radiator yang berada di depan. Maka dari itu kotoran lebih cepat masuk dan menumpuk jika jarang dibersihkan. Akan terjadi penyumbatan. Namun, cara membersihkannya tidak boleh sembarangan.

Jika kamu tidak percaya diri, bawa saja mobilmu ke bengkel. Jika kondensor tidak menyala padahal AC mobil sudah dihidupkan, maka kamu bisa memeriksa aliran listrik di bagian blower pada evaporator AC.

6. AC mengeluarkan suara bising

Komponen yang masih bekerja dengan baik biasanya tidak menimbulkan suara bising pada AC mobil. Jika kamu mendengar suara seperti orang mendengkur pada AC mobil Avanza, maka kemungkinan besar AC-mu sedang bermasalah. Bisa saja karena kompresor AC mobil yang rusak, oli pelumas thrust bearing yang longgar atau piston dalam kondisi aus.

7. Lemahnya tekanan udara pada AC

AC mobil memiliki motor blower yang berfungsi mensirkulasi udara yang ada di dalam AC mobil. Jika blower berputar tetapi tidak ada angin yang keluar, maka bisa dipastikan komponen blower ini mengalami kendara. Blower memiliki bagian resistor. Jika resistor blower yang rusak, maka harus dilakukan penggantian.

8. AC mati

AC mobil mati? Jelas saja artinya AC-mu butuh service. Siapkan bujet biaya service AC mobil Avanza kamu. Penyebab AC mati biasanya bagian sekring putus, relay putus, v-belt putus, motor fan tidak bekerja atau kompresor AC mati. Jika sekring AC yang putus maka perlu dilakukan penggantian komponen. Jika relay AC yang bermasalahnya, maka tidak akan ada suplai arus listrik.

9. AC mengeluarkan bau yang tidak sedap

Bau apak hingga bau-bau tidak sedap lainnya bisa keluar dari AC karena bakteri-bakteri di dalam AC. Bakteri ini muncul karena kabin yang kurang bersih dan menyimpan pengharum mobil berbentuk gel di dekat AC.

Cara Merawat AC Mobil Avanza

Tentunya kita tidak ingin terus-terusan service mobil Avanza kita. Bisa-bisa biaya service AC mobil Avanza kita membengkak. Maka dari itu, sebaiknya kita pun melakukan upaya perawatan pribadi.

Perawatan pribadi bisa dengan cara menjaga kebersihan kabin mobil, hindari membuka jendela terlalu lama saat AC menyala, jangan merokok di dalam mobil, tidak langsung menyalakan AC saat mobil terparkir di bawah paparan sinar matahari, dan tentu saja lakukan service AC secara di bengkel terpercaya.

Dengan melakukan perawatan, maka umur AC mobilmu tentunya akan jadi lebih panjang dan suhunya akan tetap dingin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *