cara menghilangkan baret mobil yang dalam

6 Cara Menghilangkan Baret Mobil Yang Dalam dengan Mudah

Mobil yang bersenggolan dengan kendaraan lain saat keadaan macet atau tergores saat terparkir di pinggir jalan kadang tidak terelakkan. Bisa juga baret terjadi karena bergesekan dengan polisi tidur atau kesalahan saat sedang parkir.

Otoklix.com menghadirkan tips dan cara menghilangkan baret mobil yang dalam. Cara ini bisa dilakukan di rumah. Jadi, tidak selalu perlu membawanya ke bengkel. Yuk, simak!

1. Menggunakan kompon

Cara menghilangkan baret mobil yang dalam pertama adalah menggunakan kompon. Kompon adalah krim berbahan kimia yang bisa mengikis baret sampai goresan tidak lagi terlihat. Kamu perlu mempersiapkan alat dan bahan, antara lain kain lembut, alat poles, air, dan tentu saja kompon poles.

Pertama, kamu harus membersihkan bodi mobil, terutama bagian yang terkena goresan. Setelah mobil dibersihkan menggunakan air, lap mobil dengan kain kering. Kemudian, gunakan kompon berwarna putih karena memiliki daya kikis yang lebih kuat. 

Trik memoles kompon adalah memoleskan secara cepat agar tidak cepat mengering dan mengeras. Poles secara ringan dan satu arah agar hasilnya merata ya. Jika bagian baret sudah bersih, kamu dapat membilas menggunakan air kemudian keringkan menggunakan lap.

Selain menggunakan kompon, kamu juga bisa mengikis baret menggunakan sandpaper 1500-grit dan 2000-grit. Caranya adalah bersihkan bagian mobil yang terkena baret kemudian basahi ampelas. Langkah selanjutnya adalah kikis perlahan menggunakan ampelas tersebut. Gosok perlahan dan satu arah agar hasilnya lebih rapi.

2. Menggunakan obat nyamuk

Cara menghilangkan baret mobil yang dalam berikutnya adalah dengan lotion anti nyamuk. Bahan dalam obat nyamuk ini dapat menghilangkan lapisan baret pada mobil. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah lotion anti nyamuk, dua buah lap kering atau kanebo.

Pertama, kamu bisa menuangkan obat nyamuk ke lap kering atau kanebo kering. Lap yang kering akan membuat obat nyamuk bertahan dan tidak larut dengan air. Kemudian, usap bagian yang baret secara perlahan dan memutar secara merata. Setelah itu kamu bisa menunggu 15 sampai 20 detik sebelum membilasnya dengan air dan mengeringkan dengan lap kering.

3. Menggunakan pasta gigi

Selain menggunakan lotion anti nyamuk, kamu juga bisa menggunakan pasta gigi sebagai cara menghilangkan baret mobil yang dalam. Caranya hampir sama dengan menggunakan lotion, yaitu membersihkan bodi mobil terlebih dahulu.

Kemudian, basahi kain secukupnya dan tuang pasta gigi ke kain sebanyak yang dibutuhkan untuk menutupi goresan. Selanjutnya gosok pada bodi mobil yang terkena baret dengan gerakan melingkar. Tetapi perlu kamu ketahui, menghilangkan baret hanya dengan menggunakan pasta gigi tidak memberikan hasil yang maksimal, harus dipadukan dengan bahan lain.

4. Menggunakan minyak rem

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan minyak rem. Siapkan juga kanebo kering untuk proses menghilangkan baret. Langkah pertama yaitu menuang minyak rem ke kanebo kering. Kamu perlu memperhatikan jumlah minyak rem karena minyak rem adalah bahan yang keras. Jika takarannya terlalu banyak bisa membuat bodi mobil malah menjadi rusak.

Setelah itu, oles ke permukaan mobil secara merata. Hindari memoles bagian mobil yang masih bersih, ya. Kamu juga perlu waspada, jangan menuang minyak rem langsung ke bodi mobil yang baret. Setelah itu kamu bisa membilasnya dengan air dan mengeringkannya dengan lap kering.

5. Menghilangkan dengan tipe wax

Selanjutnya, cara menghilangkan baret mobil yang dalam adalah menggunakan tipe wax. Ada dua jenis tipe wax, yaitu padat dan cair. Wax yang cair memiliki sifat abrasif yang dapat membuat goresan terlihat samar.

Hati-hati dalam menggunakan tipe wax cair, jangan menggosok terlalu keras karena bisa membuat goresan semakin bertambah. Sementara itu penggunaan wax padat cenderung lebih aman untuk digunakan menghilangkan baret mobil.

6. Melakukan cat ulang

Cara menghilangkan baret mobil yang dalam terakhir ini tentu saja cara yang dilakukan jika semua cara di atas tidak ampuh menghilangkan baret pada mobil kamu. Pengecatan mobil bisa dilakukan di bengkel, tetapi bisa juga dilakukan sendiri di rumah.

Hanya saja, bagi kamu yang tidak terbiasa mengecat, hasilnya mungkin akan kurang rapi. Sebelum melakukan pengecatan ulang, sebaiknya kamu perlu mempertimbangkan apakah mobil kamu perlu dilakukan cat ulang. Karena mengecat ulang mobil membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Cara mengecat sendiri mobil yang baret adalah dengan mengampelas bagian yang baret kemudian mengecatnya dengan cat yang telah dicampur menggunakan tiner. Sebaiknya gunakan media semprot agar tidak terlihat gores-gores halus kuas pada mobil kamu.

Itu tadi adalah beberapa cara menghilangkan baret mobil yang dalam. Kelihatannya cukup mudah bukan? Tetapi tentu saja perlu kehati-hatian agar goresan tidak semakin bertambah. 

Jika kamu ragu untuk melakukan perawatan cat mobil, kamu bisa mencari bengkel terdekat melalui aplikasi Otoklix. Terdapat berbagai jenis servis mobil dengan harga transparan agar kamu tahu berapa biaya servis sebelum ke bengkel.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *