cara menghilangkan noda oli di baju

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju dengan Bahan Ini

Cara menghilangkan noda oli di baju saat memperbaiki atau servis mobil di rumah atau bengkel bisa kamu lakukan dengan beberapa bahan yang mudah ditemukan di rumah, lho!

Terkadang kita tidak perlu ke bengkel umum untuk melakukan perawatan mobil sederhana. Dengan mempelajari cara-cara mudah servis mobil di rumah, kita bisa memperbaiki kerusakan kecil pada mobil kita. Tetapi risikonya adalah baju kita bisa saja terkena oli.

Noda membandel seperti minyak dari masakan saja sudah cukup mengganti dan sulit hilang jika dicuci biasa, apalagi noda bekas oli di baju. Otoklix punya trik ampuh cara menghilangkan noda oli di baju yang bisa kamu lakukan di rumah.

Menggunakan Bahan Berbentuk Bubuk

Noda oli di baju bisa hilang dengan menggunakan bahan-bahan berbentuk bubuk atau serbuk seperti kapur, tepung maizena, bubuk soda kue, dan bedak bayi. Bahan-bahan bubuk ini juga membantu menyerap minyak sehingga area noda oli pada pakaian tidak meluas.

Cara membersihkannya sebagai berikut:

  1. Lap baju yang terkena oli.
  2. Tabur salah satu jenis bahan bubuk kapur, tepung maizena, bubuk soda kue, atau bedak bayi pada area yang terkena oli.
  3. Diamkan 30 menit hingga bahan bubuk atau serbuk itu menyerap kelebihan oli.
  4. Setelah itu, kamu bisa menyingkirkan bahan-bahan serbuk itu.
  5. Cuci biasa dengan menggunakan deterjen.
  6. Jika kamu ingin menghilangkan bau olinya, kamu bisa menggunakan bubuk soda kue.
  7. Ulangi langkah ini beberapa kali sampai noda benar-benar hilang.

Menggunakan Bahan Berbentuk Cair

Selain menggunakan bahan bubuk, kamu juga bisa menggunakan bahan cair. Beberapa bahan cair yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan noda oli di baju adalah deterjen cair, cairan WD-40, minyak tanah, sampo, sabun cuci piring, hairspray, dan lidah buaya.

1. Deterjen cair, sampo, sabun cuci piring

Ini juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan oli yang sudah kering di pakaian. Bahan-bahan ini juga mudah ditemukan di rumah.

Cara membersihkannya sebagai berikut:

  1. Serap noda oli menggunakan tisu kasar seperti tisu dapur penyerap minyak atau lap kering.
  2. Bubuhkan cairan pembersih pada area yang terkena noda oli.
  3. Sikat bagian tersebut dengan menggunakan sikat lembut seperti sikat gigi bekas. Ingat, jangan menyikat terlalu keras karena bisa merusak serat pakaian. Kamu bisa menyikatnya selama 3 menit. Sikat juga bagian belakang kain yang terkena noda oli, ya.
  4. Rendam baju dengan air hangat selama beberapa jam. Namun, kamu perlu memperhatikan pula petunjuk penggunaan air hangat pada label baju.
  5. Cuci seperti biasa.
  6. Ulangi langkah jika masih ada noda tertinggal. 

2. Cairan WD-40

Cairan WD-40 biasanya digunakan untuk melepas komponen yang berkarat. Tetapi ternyata bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan noda oli di baju, lho!

Cara membersihkannya sebagai berikut:

  1. Siapkan ember berisi air.
  2. Rendam pakaian di ember tersebut.
  3. Masukkan cairan WD-40.
  4. Gosok pakaian sampai bersih.

3. Minyak tanah

Menghilangkan noda oli di baju dengan minyak tanah? Bisa kok! Tetapi jangan gunakan terlalu banyak minyak tanah ya karena bisa membuat bajumu bau minyak tanah.

Cara membersihkannya sebagai berikut:

  1. Tuangkan minyak tanah pada area baju yang terkena oli.
  2. Gosok area tersebut sampai noda oli mulai memudar.
  3. Cuci pakaian seperti biasa dengan memakai deterjen.

4. Hairspray

Ternyata hairspray juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda oli di baju. Penggunaannya juga cukup praktis. Cukup disemprotkan saja pada bagian yang terkena noda oli. Hairspray memiliki kandungan alkohol sehingga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan oli yang sudah kering di pakaian.

Setelah disemprotkan pada noda dan noda sudah memudar, selanjutnya kamu bisa mencuci baju seperti biasa sampai bersih.

5. Lidah buaya

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, kamu juga bisa menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki senyawa bioaktif yaitu asam amino yang cukup ampuh untuk menghilangkan noda oli di baju. Asam amino yang bereaksi dengan oli memudahkan kamu menghilangkan noda oli.

Selain menghilangkan noda oli, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghapus noda krayon di dinding.

Cara menghilangkan oli di baju menggunakan lidah buaya adalah mengoleskan lidah buaya pada noda kemudian menggosoknya dengan lembut menggunakan sikat gigi.


Setelah itu kamu bisa merendam baju menggunakan air hangat selama satu jam. Perlu diingat kembali penggunaan air hangat atau air panas untuk mencuci baju disesuaikan pada label pada pakaian kamu karena ada beberapa jenis kain yang akan rusak jika dicuci menggunakan air panas.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan noda oli di baju yang bisa kamu lakukan. Jadi, tidak perlu khawatir lagi saat melakukan servis mobil sendiri di rumah.
Sebenarnya daripada pusing memikirkan cara memikirkan noda oli di baju, lebih baik datang ke bengkel saja untuk beberapa perbaikan mobil. Dengan begitu baju kamu terhindar dari noda oli dan sebagainya. Instal saja aplikasi Otoklix dan temukan 1.000+ bengkel umum terdekat se-Jabodetabek.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *