honda service mobil

Biaya Honda Service Mobil, dari 6 Bulan sampai 4 Tahun

Bagi kamu pemilik mobil Honda, maka Honda service mobil secara berkala itu penting, lho. Dengan rutin service, mobil Honda kamu akan selalu terjaga performa mesinnya.

Menjaga performa mesin tetap prima bisa membuatmu selalu nyaman saat berkendara. Apalagi jika ingin menjual kembali mobil Honda kamu, agar harga mobil kamu tetap tinggi maka performa mesin harus selalu dijaga.

Kamu bisa melakukan service berkala mobil Honda di bengkel umum maupun di bengkel resmi. Meskipun ada perbedaan biaya service mobil Honda di bengkel resmi dan bengkel umum, yang terpenting adalah kamu sudah mengetahui kualitas bengkel yang kamu datangi.

Berikut ini adalah beberapa estimasi harga service mobil Honda pada 6 bulan, 2 tahun, dan 4 tahun pertama untuk kamu jadikan acuan menyiapkan anggaran.

Biaya Service Mobil Honda

1. Honda Mobilio

Honda Mobilio cukup menjadi favorit pengguna kendaraan roda empat. Mobil jenis mini MPV dengan kapasitas tujuh penumpang dengan mesin 1.5L ini sudah diproduksi dari 2001. Honda service mobil telah menentukan komponen apa saja yang sebaiknya dilakukan pengecekan saat service berkala.

Komponen yang harus dicek atau dilakukan penggantian pada service berkala 10.000 km adalah penggantian oli mesin, ring tab oli, dan gemuk rem. Biaya yang dibutuhkan untuk mengganti oli mesin adalah Rp500 ribuan, sedangkan harga ring tab oli hanya Rp 8.000, dan gemuk rem Rp30 ribu.

Biaya service Honda mobil ini belum termasuk biaya jasa. Biaya jasa dikenakan sekitar Rp400-500 ribuan. Jadi total biaya service pada 10.000 km ini hanya sekitar Rp1 jutaan.

Biaya yang mungkin harus kamu keluarkan agak besar adalah pada service berkala 40.000 km dan 80.000 km atau sekitar tahun kedua dan keempat. Ada penggantian oli transmisi sekitar Rp297 ribu pada 40.000 km serta ganti filter bensin sekitar Rp400 ribuan ketika service 80.000 km.

2. Honda Jazz

Mobil Honda jenis hatchback ini sudah mengaspal sejak 2001. Jazz memiliki kapasitas mesin 1.5L, 1.3L dan juga 1.2L, tetapi untuk varian 1.2L hanya untuk pasar Eropa dan 1.3L hanya untuk pasar Jepang, China, dan Eropa.

Harga service mobil Honda Jazz pada 10.000 km kurang lebih sama dengan Honda Mobilio, hanya saja membutuhkan dua gemuk rem. Kemudian, pada service berkala mobil Honda Jazz 40.000 km butuh mengganti filter AC seharga Rp200 ribuan dengan biaya jasa yang cukup besar yaitu Rp1 jutaan.

Biaya Honda service mobil untuk Jazz ini juga cukup besar pada 80.000 km. Perlu penggantian filter mesin dengan biaya Rp1,2 jutaan. Sehingga pada service berkala 80.000 km kamu butuh menganggarkan dana sekitar Rp3,5 juta.

3. Honda Brio

Sama seperti Jazz, Brio juga termasuk mobil model hatchback yang diproduksi sejak 2011 sampai sekarang. Selain itu ada pula jenis LCGC dengan nama Brio Satya. Brio yang berdesain kompak ini menjadi favorit konsumen sebagai kendaraan pribadi.

Berada di kelas yang sama dengan Jazz, biaya service pada 10.000 km juga kurang lebih sama. Pada service berkala 40.000 km, oli mesin mobil Honda Brio kamu harus diganti dengan biaya Rp500 ribuan. Sehingga kamu perlu menyiapkan bujet Rp1,4 jutaan untuk Honda service mobil di 40.000 km ini.

Sementara itu ketika mobil Brio kamu sudah dipakai kurang lebih tiga tahun atau sudah masuk 80.000 km, ada penggantian filter bensin sekitar Rp500 ribuan. Untuk service berkala 80.000 kamu ini kamu perlu menyiapkan bujet Rp2 jutaan.

4. Honda Civic

Honda Civic telah menjadi favorit pengguna kendaraan roda empat sejak 1972. Sejak tahun ’70-an hingga saat ini telah lahir sepuluh generasi Honda Civic. Generasi terbaru diproduksi 2015 dengan dua tipe, yaitu Hatchback dan Turbo. 

Pada 10.000 km pertama, kamu harus menyiapkan anggaran sekitar Rp1,4 jutaan meliputi ganti oli sekitar Rp500 ribuan, ring tab oli Rp8.000, dan gemuk rem Rp 60 ribu. Tetapi biaya jasanya bisa mencapai Rp700 ribuan.

Saat kamu melakukan service berkala 40.000 di bengkel Honda service mobil, kamu perlu menyiapkan biaya service mobil Honda ini sekitar Rp2,4 jutaan untuk penggantian filter oli, oli mesin, filter AC, filter udara, ring tab oli, dan gemuk rem. Harga ini sudah termasuk juga biaya jasanya.

5. Honda CR-V

Sama dengan Civic, CR-V juga sudah lama mengaspal. CR-V pertama kali diproduksi pada 1996. Hingga saat ini sudah ada lima generasi CR-V yang menjadi varian tertinggi tipe SUV Honda.

Ketika melakukan Honda service mobil pada 10.000 km pertama, CR-V akan dikenakan biaya sekitar Rp1,3 jutaan. Komponen yang diganti kurang lebih sama dengan model lain, yaitu ganti oli, ring tab oli, dan gemuk rem. Harga service bengkel resmi mobil Honda kemungkinan akan berbeda dengan di bengkel umum.

Pada 40.000 km, filter AC Honda CR-V kamu akan diganti dengan biaya sekitar Rp350 ribuan. Biaya yang perlu kamu siapkan untuk service mobil Honda ini adalah Rp2,1 jutaan. Kemudian, di service 80.000 km, kamu perlu menyiapkan dana Rp3,4 jutaan. Pengeluaran terbesar pada service 80.000 km ini adalah filter bensin yang harganya bisa Rp1 jutaan.
Lakukan perawatan di bengkel terpercaya dengan harga transparan. Kalau kamu mencari Honda service mobil terdekat lokasimu, kamu bisa instal Otoklix dan daftar akun cukup menggunakan nomor handphone saja. Harga yang perlu kamu bayar sesuai dengan yang tertera saat booking di aplikasi!

Source Image: otosia.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *