Jangan salah lagi! Ini Perbedaan Balancing dan Spooring

Selain menjaga tekanan angin pada ban ada satu lagi service ban mobil yang wajib kamu lakukan secara berkala jika kamu tidak mau ganti ban dalam kurun waktu yang dekat, yaitu spooring dan balancing. 
Pernahkah kamu mengalami setir yang bergetar ketika memacu mobil pada kecepatan tinggi, atau permukaan ban yang habis/aus secara tidak rata di salah satu pinggiran permukaan ban? Jika iya, itu pertanda kamu harus segera melakukan spooring dan balancing. Namun, meski spooring dan balancing sering ‘disatukan’, dua service tersebut sebenarnya merupakan hal yang berbeda. Sebelum melakukan servis, mari kita cari tahu dulu perbedaannya.


Pengertian Balancing

Balancing dan spooring ban mobil
Proses spooring dan balancing

Balancing adalah aktivitas yang dilakukan untuk menstabilkan putaran ban dengan cara menambahkan pemberat berbahan timah pada pelek. Balancing bertujuan untuk menyeimbangkan putaran keempat roda mobil pada titik atas,bawah,kiri dan kanan. Setelah mengganti ban atau pelek, mobil perlu di-balance agar putaran bannya tetap seimbang.

Pengertian Spooring

Balancing dan spooring ban mobil
Sudut-sudut geometri ban mobil

Secara umum, spooring merupakan penyetelan sudut-sudut geometri roda depan atau belakang kendaraan (camber, caster, toe) yang dapat di setel agar selaras dan disesuaikan. Biasanya, roda depan pada mobil yang akan diluruskan dan diatur agar kembali seperti sedia kala sesuai dengan standar pabrikan.

Kapan harus servis Balancing dan Spooring?

Setiap mobil tentunya memiliki batas kilometer yang berbeda-beda sesuai dengan karakteristik mobil itu sendiri. Ada anjuran untuk melakukan spooring dan balancing tiap 20.000 kilometer, tapi jika kamu merasa sering melewati jalan berlubang, sangat dianjurkan untuk spooring dan balancing setiap 10.000 km. Selain jarak tempuh, kamu juga bisa melakukan balancing dan spooring jika saat mengemudi secara lurus, tapi setir kemudi terus menerus bergerak miring ke kanan dan ke kiri, biasanya kalau kondisinya sudah parah pada saat berkendara dengan kecepatan rendah pun sudah terasa.

Sebelum melakukan spooring, proses balancing pada keempat roda wajib dilakukan terlebih dahulu, supaya keseimbangan antara tiap roda dapat terjaga.
Sudahkah kamu servis Spooring and Balancing untuk mobil kesayanganmu?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *