kabel jumper aki

Harga Kabel Jumper Aki dan Cara Jumper Aki Mobil saat Darurat

Kenapa kita perlu menyediakan kabel jumper aki mobil? Karena bisa saja terjadi masalah aki saat dalam perjalanan. Sementara kita kesulitan menemukan bengkel terdekat.

Apabila tidak ada bengkel yang lokasinya sangat dekat, mau tak mau kita perlu melakukan jumper aki pada mobil lain yang punya kapasitas sama.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi kejadian seperti ini, kamu perlu menyediakan kabel jumper agar selalu berada di mobil. Berikut adalah informasi seputar kabel jumper.

Berapa Harga Kabel Jumper Aki?

Harga kabel jumper aki bervariasi mulai dari Rp40-300 ribuan. Perbedaan harga ini disebabkan oleh panjang kabel yang berbeda dan juga arus listrik yang dialirkan.

Berikut ini info selengkapnya kisaran harga kabel jumper aki dari berbagai merek yang dilansir dari beberapa sumber.

Kabel JumperHarga
Kenmaster 200A 1 meterRp45 ribuan
Kenmaster 400A 3 meterRp85 ribu
Nankai 600A 2,5 meterRp130 ribu
K55 500A 2,5 meterRp60 ribu
K55 800A 2,5 meterRp100 ribu
Hasston Prohex 200A 2 meterRp100 ribu
Fire Eagles 150A 2,5 meterRp158 ribu
Total 200A 2,5 meterRp107 ribu
Total 600A 2,5 meterRp285 ribu

Cara Memilih Kabel Jumper Aki

Setelah mengetahui harga kabel jumper aki mobil, kamu perlu mengetahui bagaimana cara memilih kabel yang berkualitas sebelum membelinya. 

1. Ketebalan kabel jumper

Ketebalan pada kabel jumper berpengaruh terhadap kemampuan kabel mengalirkan arus listrik. Arus listrik ini yang digunakan untuk menstarter mobil. Ketebalan kabel ini dapat diukur dengan mengukur diameternya. Gunakan kabel jumper dengan diameter paling tidak 1 sentimeter atau lebih. Semakin tebal atau semakin besar diameternya maka semakin baik daya hantarnya.

Biasanya kabel jumper dengan ukuran ampere yang besar juga memiliki diameter yang besar pula. Sebagai contoh, kabel jumper dengan diameter 1,2 cm mampu mengalirkan arus listrik sebesar 263 ampere. Sedangkan kabel dengan diameter 1,8 ampere bisa mengalirkan arus listrik sampai dengan 344 ampere.

Besarnya arus listrik yang mengalir ini akan membuat kawat tembaga menjadi panas. Jika diameternya kecil maka akan timbul risiko kabel meleleh akibat panas tersebut. Tidak menutup kemungkinan juga kabel bisa terbakar. Hal ini tentu berbahaya jika terjadi saat sedang melakukan jumper aki.

2. Ukuran kabel jumper yang lebih panjang

Selain ketebalannya, kamu juga disarankan memilih kabel jumper aki yang lebih panjang. Kabel yang panjang ini bisa mempermudah proses jumper aki. Misalnya kita mengambil arus dari aki mobil lain di tempat sempit dan terbatas, dengan kabel jumper yang panjang maka akan lebih mudah menghubungkan kedua mobil dan membuat proses jumper aki akan lebih mudah.

3. Kabel jumper yang berkualitas

Beberapa kriteria kabel jumper yang berkualitas biasanya seperti berikut:

  1. Harga relatif lebih mahal dengan ukuran yang sama pada merek lain.
  2. Material kabel dibuat dari bahan yang kokoh, kuat, serta tidak mudah bengkok
  3. Material pembungkusnya kuat, elastis, dan bisa menahan kebocoran arus listrik. Pada bagian klem penjepit juga terdapat penutup isolasi.
  4. Finishing produk rapi dan teliti.

Panduan Cara Jumper Aki Mobil

Berikut ini adalah cara jumper aki mobil dari aki donor berupa mobil lain atau battery booster.

  1. Pastikan battery booster bertegangan 12 V. Jika menggunakan mobil lain, pastikan kedua mobil tidak bersentuhan dan matikan segala komponen kelistrikan pada mobil donor ya. Setelah itu matikan mesin kendaraan.
  2. Berikut adalah cara pakai kabel jumper aki. Sambungkan salah satu kabel ke terminal positif aki soak, lalu sambungkan ujung lainnya ke terminal positif aki donor. 
  3. Kemudian sambungkan ujung kabel lainnya ke komponen logam yang terbuka dan lokasinya jauh dari aki yang soak. Usahakan ujung kabel tidak menyentuh logam atau penghantar listrik lainnya saat proses penyambungan.
  4. Hidupkan mesin mobil aki donor selama beberapa menit. Tahan gas di atas 1.000 rpm.
  5. Hidupkan mobil dengan aki yang soak.
  6. Lepaskan kabel jumper dengan urutan yang dibalik.

Perlu kamu ketahui bahwa kamu perlu berhati-hati agar terminal positif aki tidak terhubung dengan benda metal karena dapat menimbulkan percikan aki. Hal ini bertujuan untuk menghindari ledakan. Begitu pula dengan api, rokok, dan alat metal lainnya, usahakan tidak menyentuh aki yang terbuka.

Itu tadi informasi tentang kabel jumper aki mobil. Pastikan selalu tersedia di mobil kamu. Kamu bisa mendapatkan kabel ini di bengkel mobil terdekat atau toko aksesoris mobil.
Jangan lupa selalu cek kondisi aki mobil kamu agar tidak terjadi masalah di tengah perjalanan. Jika sudah mendekati usia pakai atau kondisinya sudah buruk, lakukan ganti aki di bengkel-bengkel terpercaya, salah satunya bengkel mitra Otoklix.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *