merek oli

7 Rekomendasi Merek Oli Terbaik sesuai Kebutuhan Mobil

Menentukan oli terbaik memang susah-susah gampang. Kamu perlu mengetahui fungsi dari setiap jenis oli sehingga bisa menentukan mana yang paling cocok dengan mesin mobil kamu.

Ini dia merek-merek oli yang direkomendasikan oleh Otoklix.

1. Shell

Shell adalah salah satu perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia, Sebagai perusahaan multinasional, Shell memberikan kualitas produk yang tidak diragukan lagi. Termasuk produksi pelumas atau oli kendaraan. Salah satu merek oli ini tidak hanya menyediakan oli mobil, tetapi juga oli motor.

Salah satu produk terbaiknya adalah Shell Helix HX7. Oli ini telah menggunakan teknologi terkini, seperti Flexi Molecule yang bisa membersihkan mesin hingga ke celah-celah dan memiliki titik penguapan yang rendah saat suhu tinggi yang ekstrem.

Titik penguapan yang rendah ini membuatmu hemat oli karena tidak perlu terlalu sering menambahkan sehingga membuat kamu lebih hemat.

Ada pula jenis oli 5W-40. Oli jenis ini dapat digunakan untuk jenis kendaraan berbahan bakar bensin hingga diesel. Teknologi terkini pada oli 5W-40 ini adalah Active Cleansing Technology sehingga mampu membersihkan mesin mobil kamu secara optimal. Mesin mobil kamu akan selalu terasa prima seperti mobil baru.

Harga oli Shell ini dibanderol Rp320-720 ribuan untuk kemasan 4 liter atau mulai dari Rp125 ribu per liter.

2. Castrol

Kamu pasti pernah mendengar merek Castrol. Salah satu merek oli terbaik ini bisa kamu jadikan pilihan karena juga menggunakan teknologi terkini untuk merawat mobil kamu. Salah satunya adalah Castrol Magnatec dengan viskositas 10W-30 yang memiliki molekul-molekul pintar yang dapat membersihkan mesin mobil sampai sudut yang sulit dijangkau.

Castrol adalah satu-satunya merek oli mobil yang mengombinasikan teknologi molekul pintar ini dengan teknologi sintetik. Oli dengan bahan full sintetik murni bisa bisa menempel kuat pada permukaan mesin sehingga berfungsi sebagai lapisan ekstra pelindung mesin mobil. Teknologi ini juga berfungsi mengurangi keausan mesin jika mobil kamu terjebak macet.

Harga Castrol Magnatec ini dibanderol sekitar Rp360 ribuan per kemasan 4 liter.

Jenis oli dari Castrol yang direkomendasikan lainnya adalah Castrol Diesel 15W-40. Masalah utama pada mobil diesel adalah kotoran sisa pembakaran yang membuat asap knalpot menjadi hitam. Dengan Castrol Diesel ini maka masalah itu tidak akan muncul lagi. Castrol Diesel ini juga bisa melindungi mesin dari aus, mencegah pengentalan oli, dan membersihkan mesin mobil kamu secara maksimal.

3. Fastron

Merek oli berikutnya yang direkomendasikan adalah Fastron. Merek ini juga pasti sudah familier. Meskipun produk lokal, produksi dari Pertamina, tetapi Fastron memiliki kualitas yang baik sehingga sudah dikenal pula di dunia otomotif internasional. Teknologi yang digunakan pada oli Fastron ini adalah nano guard yang berfungsi melapisi dan melindungi mesin hingga sudut terkecil.

Fastron menjadi solusi bagi kamu yang menginginkan kualitas oli yang baik tetapi dengan harga terjangkau. Oli Fastron ini juga bisa digunakan oleh segala jenis mobil, dari yang standar sampai premium.

4. Total

Seperti Pertamina dan Shell, SPBU Total juga kerap kita temui. Salah satu rekomendasi merek oli Total Quartz 9000 dengan kekentalan 5W-40 cocok digunakan untuk kamu yang sering melakukan perjalanan jauh. Oli ini memiliki tingkat kekentalan tinggi yang bisa menjaga mesin berfungsi baik saat mesin sedang panas.

Komponen zat aditif pada oli Total dapat membuat mesin mobil lebih awet dan juga tahan terhadap tingginya tingkat oksidasi. Zat aditif ini juga mampu memberikan perlindungan mesin mobil secara menyeluruh, bahkan saat pemakaian ekstrem.

Sementara itu ada juga jenis Total Quartz 7000 SM 10W-40 yang cocok digunakan pada mobil mesin maupun diesel. Seperti yang dibahas sebelumnya, keunggulan oli Total ini adalah tahan terhadap oksidasi tinggi. Selain itu oli ini juga bisa membersihkan komponen mesin hingga celah terkecil.

5. Top 1

Merek oli Top 1 adalah salah satu merek yang sering kita dengar dan sudah terkenal sebagai produsen oli berkualitas. Tidak hanya oli mobil, Top 1 juga memproduksi oli motor. Salah satu unggulan Top 1 adalah Top 1 Zenzation dengan kandungan sintetik 30% lebih tinggi dari pelumas biasa. Kandungan sintetik yang lebih tinggi ini membuat usia pakai oli Top 1 lebih panjang.

Keunggulan lain Top 1 Zenzation adalah menggunakan zat aditif Ester Fortified yang dirancang untuk menjaga mesin mobil tetap halus saat melaju dari awal mesin dihidupkan. Selain itu Top 1 juga menggunakan teknologi anti korosi bernama Max TBN yang mampu memberikan perlindungan ekstra terhadap munculnya karat.

Formulasi Top 1 yang dikombinasikan ini membuat kinerja mesin meningkat dan konsumsi bahan bakar lebih efisien. Selain itu, kekentalan oli akan tetap baik meskipun pada suhu dingin.

6. Lucas

Merek oli berikutnya yang Otoklix rekomendasikan untuk kamu adalah Lucas. Oli jenis semi sintetik 10W-40 ini adalah salah satu jenis oli terbaik untuk melindungi mesin mobil dari aus akibat kerja berat. Oli ini juga mampu menjaga kestabilan suhu mesin. Suara bising akibat gesekan mesin akan terdengar lebih halus.

7. Fuchs

Perusahaan oli berbasis di Jerman ini memproduksi pelumas berkualitas untuk mobil penumpang, dan kendaraan bermotor lainnya seperti truk, mesin pertanian dan konstruksi. Oli Fuchs ini menggunakan teknologi XTL® yang menawarkan indeks viskositas yang sangat tinggi. Artinya, viskositas ini semakin tidak bergantung kepada suhu sangat dingin atau sangat panas.

Teknologi ini juga mempercepat proses pelumasan ketika mobil pertama kali distarter, konsumsi bahan bakar lebih sedikit, dan juga konsumsi oli lebih rendah. Selain itu, teknologi XTL® pada oli Fuchs juga memiliki kemampuan netralisasi dan oksidasi yang baik sehingga memberikan perlindungan tambahan untuk mesin dari korosi dan keausan.

Nah itu tadi rekomendasi merek oli terbaik, jangan lupa untuk rutin mengganti oli mesin setiap kelipatan 10.000 kilometer atau memang pada saat dibutuhkan.

Kamu bisa mencari bengkel terdekat untuk ganti oli dengan aplikasi Otoklix. Otoklix punya banyak promo menarik untuk ganti oli, lho! Salah satunya ganti oli mulai dari Rp125 ribu saja per liter dan gratis jasa. Plus, dijamin orisinal!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *