oli mobil calya

Pilihan Oli Mobil Calya, Harganya Mulai Rp50 Ribuan

Toyota Calya memiliki mesin yang sama dengan Toyota Agya, yaitu 1.200 cc. Tetapi dengan kapasitas yang lebih besar, yaitu 7 penumpang, tentunya beban kerja Calya lebih berat. Agar performa mobil maksimal, disarankan menggunakan oli mobil Calya yang berkualitas dan sesuai spesifikasi mobil.

Di bawah ini adalah 7 rekomendasi oli mobil Calya.

Rekomendasi Oli Mobil Calya

Sebagai mobil keluaran terbaru dan spesifikasi mesin dengan kode NR, mobil Calya membutuhkan oli yang encer. Oli yang paling encer adalah oli dengan spesifikasi SAE 0W-20. Pada bengkel resmi, Calya menggunakan TMO (Toyota Motor Oil), tetapi di bengkel umum bisa menggunakan oli merek lain dengan kekentalan yang sama.

Selain menggunakan oli 0W-20, alternatifnya adalah menggunakan oli 5W-30 semi sintetis atau 10W-40. Tetapi utamakan menggunakan 0W-20 ya. Oli ini juga cocok digunakan pada LCGC (Low Cost Green Car) lainnya, seperti Daihatsu Sigra, Datsun GO, Daihatsu Ayla, dan Toyota Agya.

Kapasitas oli mesin mobil Calya adalah 3,2 – 3,5 liter. Ini dia daftar rekomendasinya.

1. Toyota Motor Oil (TMO) Lubricant 0W-20

Oli mobil Calya recommended pertama adalah TMO 0W-20 SN-GF-5 Full Synthetic. Oli ini memiliki teknologi Actifilm Technology yang memberikan perlindungan ganda, yaitu melindungi dari kebocoran dan keausan, dan juga menghancurkan kerak pada dinding mesin.

Selain menggunakan TMO 0W-20, mobil Calya juga bisa menggunakan TMO 5W-30. Harga untuk mendapatkan 3 liter TMO 0W-20 adalah sekitar Rp650 ribuan. Sementara untuk kemasan 1 liter dibanderol dengan harga Rp75 ribuan.

2. Daihatsu Genuine Oil 0W-20

Berikutnya adalah Daihatsu Genuine Oil 0W-20. Oli ini juga dapat digunakan pada mobil Daihatsu Sigra 1.200 cc. Sementara untuk Daihatsu Sigra 1.000 cc disarankan menggunakan oli SAE 5W-30. Harga untuk 1 liter Daihatsu Genuine Oil 0W-20 adalah Rp65 ribu. Sedangkan untuk SAE 5W-30 adalah Rp55 ribu.

3. Castrol Magnatec Stop-Start 0W-20

Rekomendasi oli mobil Calya ketiga adalah Castrol Magnatec Stop-Start 0W-20. Oli ini cocok digunakan pada mobil Calya yang sering melalui lalu lintas padat dan terjebak kemacetan. Oli dengan bahan dasar full synthetic dan teknologi nano guard ini mampu menyerap sampai sela mesin terkecil. Teknologi ini juga dapat melekat dan membentuk lapisan oli ketika mobil stop and go.

Harga untuk 1 liter Castrol Magnatec 0W-20 adalah Rp165 ribu dan untuk 5W-30 adalah Rp125 ribuan.

4. TOP 1 HP Sport SAE 0W-20

Siapa yang tidak tahu merek Top 1? Oli dengan spesifikasi SAE 0W-20 ini memiliki teknologi Xtra Clean Additives yang mampu membersihkan mesin secara menyeluruh. Selain itu juga ada formula Stop-And-Go Formulation yang mampu bekerja maksimal saat jalanan macet. 

Oli dengan bahan 100% synthetic ini memiliki masa pakai yang lebih lama dan lebih irit bahan bakar. Harga 1 liter oli Top 1 HP Sport SAE 0W-20 adalah Rp150 ribuan.

5. Pertamina Fastron Eco Green 0W-20

Salah satu merek oli produksi lokal yang berkualitas adalah Fastron Eco Green 0W-20. Oli ini sudah dilengkapi dengan Nano Guard Technology yang cocok digunakan pada mesin mobil LCGC 1.200 cc. 

Kelebihan Fastron Eco Green ini adalah mencegah terbentuknya deposit sisa hasil pembakaran, kinerja mesin lebih tahan lama ketika kecepatan tinggi, bahkan stop and go ketika mobil terjebak macet.

Selain itu juga menggunakan bahan bakar lebih efisien dan tingkat penguapan oli rendah. Sehingga pemakaian oli menjadi lebih irit. Untuk kemasan 3,5 liter, Fastron Eco Green dijual dengan harga Rp220 ribu (0W-30) dan Rp 205 ribu (5W-30).

6. Shell Helix Eco 0W-20 Fully Synthetic

Oli mobil Calya berikutnya adalah dari merek Shell. Oli ini telah menggunakan teknologi Active Cleansing Technology yang mampu membersihkan endapan kotoran di dalam mesin. Selain itu penggunaan bahan bakar juga lebih irit.

Untuk 4 liter Shell Helix Eco 0W-20, harganya adalah Rp120 ribuan per liter.

7. Shell Helix Eco 5W-30

Rekomendasi oli mobil Calya yang terakhir adalah Shell Helix Eco 5W-30. Oli ini dapat menjadi alternatif dari 0W-20 Fully Synthetic. Kendaraan menjadi lebih hemat bahan bakar karena ada teknologi fuel economy. Meskipun dapat digunakan pada mobil Calya, tetapi oli ini lebih direkomendasikan untuk mobil dengan mesin 1.000 cc.

Harga untuk Shell Helix Eco 5W-30 ini adalah Rp115 ribu per liter.

Demikian info tentang rekomendasi oli mobil Calya. Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil ya. Kamu bisa berkonsultasi dengan OtoBuddy di aplikasi Otoklix sebelum memutuskan mau pakai oli yang mana.

Temukan bengkel umum terbaik se-Jabodetabek dan booking service sekarang untuk ganti oli di bengkel terdekat. Ada perawatan mobil lainnya di aplikasi Otoklix lho.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *