oli mobil diesel terbaik

8 Rekomendasi Oli Mobil Diesel Terbaik serta Harganya

Baik mobil mesin bensin maupun mesin diesel membutuhkan waktu penggantian oli secara berkala. Mencari oli mobil diesel terbaik memang tidak semudah mencari oli mobil mesin bensin. Sebabnya adalah mobil-mobil yang banyak beredar di pasaran adalah mobil mesin bensin.

Tetapi tidak perlu khawatir, oli-oli di bawah ini sudah melalui tahap penelitian, pengujian, dan penambahan zat aditif yang mampu melindungi mesin mobil diesel kamu. Ini dia daftar rekomendasi dari Otoklix.com.

Rekomendasi Oli Mobil Diesel Terbaik

1. Shell Helix HX8

Shell Helix HX8 menjadi salah satu oli mobil diesel terbaik karena berbahan dasar sintetik dengan teknologi Flexi Molecule yang dapat memberikan perlindungan mesin ketika kondisi jalanan menuntut kamu untuk stop and go

Selain itu ada juga teknologi Active Cleansing. Teknologi ini mampu membersihkan ruang mesin dari sisa pembakaran yang menyebabkan korosi pada komponen mesin. Teknologi ini juga dapat memperbanyak usia pakai kendaraan serta lebih hemat biaya perawatan.

Shell Helix HX8 tersedia dalam spesifikasi SAE 5W-30 dan 5W-40 dan sudah bersertifikasi API SN. Selain digunakan pada mesin diesel, Shell Helix HX8 juga dapat digunakan pada mobil mesin bensin.

2. Shell Rimula R5 E

Varian lain dari Shell untuk oli mobil diesel terbaik adalah Shell Rimula R5 E. Oli ini direkomendasikan untuk mobil dengan sistem EGR (exhaust gas recirculation). Teknologi ini diterapkan pada mobil-mobil mesin diesel modern. Contohnya adalah Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Tingkat kekentalan oli ini adalah 10W-40 yang mampu memberikan perlindungan ketika mobil dinyalakan saat suhu rendah. Rimula R5 ini juga melindungi mesin dari korosi dan mencegah terbentuknya deposit pada ruang mesin.

Shell Rimula R5 tersedia dalam kemasan 1 liter dan 4 liter dengan harga masing-masing Rp117 ribu dan Rp455 ribu.

3. TOP 1 Zenzation Diesel

Merek berikutnya datang dari TOP 1 dengan varian Zenzation Diesel. Oli asal Amerika Serikat ini dapat membersihkan endapan yang menumpuk pada mesin kendaraan karena adanya teknologi Max TBN yang juga dapat mengangkat karat.

Selain itu terdapat teknologi Ester Fortified yang membuat oli menempel lebih lama. Ada pula teknologi Exceed Euro 6 agar mobil tetap ramah lingkungan meskipun menggunakan bahan bakar solar atau bio solar.

Oli dengan kekentalan 5W-30 dan 10W-40 ini berbahan dasar synthetic-blend. Direkomendasikan untuk mobil Isuzu Panther, Suzuki Ertiga, Innova Diesel, Fortuner, dan Pajero Sport. Untuk kemasan 1 liter, TOP1 Zenzation Diesel 10W-40 dihargai Rp105 ribu dan kemasan 4 liternya dibanderol Rp410 ribu. Untuk SAE 5W-30 kemasan 1 liter dihargai Rp105 ribu.

4. TOP 1 Evolution Diesel

Oli mobil diesel terbaik berikutnya masih dari TOP 1, dengan varian Evolution Diesel 5W-40. Oli ini berbahan dasar sintetis yang cocok digunakan pada mobil diesel dengan teknologi common rail.

Terdapat teknologi Extreme Low Share dan Ester Fortifier yang mampu memberikan perlindungan terhadap mesin mobil diesel. Teknologi Extreme Low Share dapat menjaga tingkat kekentalan oli di suhu panas maupun dingin.

Sedangkan teknologi Ester Fortifier mampu menjaga oli tetap menempel di mesin lebih lama sehingga melindungi mesin dari gesekan. Berbeda dengan oli lainnya, TOP1 Evolution Diesel 5W-40 ini memiliki usia pakai yang lebih panjang, yaitu 20.000 km sampai kepada ganti oli berikutnya.

Direkomendasikan untuk mobil diesel dengan performa tinggi seperti Pajero Sport, Fortuner,, Innova Diesel, Isuzu Panther, dan Isuzu MU-X.

5. TOP 1 HD Heavy Duty

Masih dari TOP1, oli 15W-40 ini direkomendasikan untuk mobil dengan usia lebih dari lima tahun atau yang jarak tempuhnya telah melebihi 100.000 km. Oli ini menggunakan bahan dasar synthetic-blend dan memiliki usia pakai yang lebih panjang. Tingkat penguapannya juga lebih rendah dibandingkan oli semi sintetik.

Kamu bisa mendapatkan oli ini dalam kemasan 1 liter dan 5 liter.

6. Castrol Magnatec

Oli mobil diesel terbaik berikutnya adalah Castrol Magnatec 10W-30. Oli dengan bahan full sintetis ini telah dibekali molekul pintas yang dapat melindungi permukaan komponen mesin sejak pertama kali dihidupkan.

Oli ini direkomendasikan untuk mesin commonrail, TDI, DI, Inter-Cooled hingga mesin diesel turbo charger. Pasalnya, oli ini mampu mengefisienkan konsumsi bahan bakar dan membuat kinerja mesin tetap responsif.

Selain itu, menggunakan oli ini juga dapat mencegah terbentuknya endapan sisa hasil pembakaran dan tingkat kekentalan oli terjaga pada suhu rendah maupun tinggi.

7. STP Diesel Oil

Masih direkomendasikan untuk mesin turbo charger, TDI, DI, Inter-Cooled, dan common rail, baik mesin mobil lama atau baru. Direkomendasikan untuk mobil diesel dengan bahan bakar solar dengan kandungan sulfur yang cukup tinggi.

STP Diesel Oil ini mengandung detergent dispersant yang mampu membersihkan ruang mesin dan mencegah pembentukan deposit kerak pada ruang mesin. Performa mesin menjadi lebih terjaga dan konsumsi bahan bakar juga lebih hemat.

Terdapat pula zat aditif Anti-Wear yang dapat mencegah terbentuknya buih pada ruang mesin saat temperatur tinggi. Selain itu juga memiliki komponen TBN yang merupakan salah satu tertinggi di kelasnya. Komponen TBN ini dapat mencegah pembentukan asam sehingga melindungi mesin dari korosi.

8. Fastron Diesel

Rekomendasi oli mobil diesel terbaik yang terakhir adalah dari Pertamina. Dapat digunakan pada mobil diesel dengan sistem common rail, exhaust-gas recirculation, dan juga turbo charger. Oli dengan spesifikasi SAE 15W-40 API CI-4 ini mampu mereduksi getaran dan suara kasar pada mesin. Selain itu juga dapat menetralisasi asam dari proses pembakaran.

Harga oli Fastron ini sangat terjangkau, hanya sekitar Rp54 ribuan untuk kemasan 1 liter Fastron Diesel. Harganya berbeda untuk Fastron Synthetic DIesel API CI-4 SL, yaitu Rp72 ribu untuk 1 liter dan Rp290 ribu untuk 4 liter.

Tips Memilih Oli Mobil Diesel Terbaik

Kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ketika memilih oli mobil diesel terbaik:

1. Perhatikan material oli

Oli memiliki beberapa jenis material sebagai bahan dasar penyusunnya, yaitu mineral, semi sintetis, dan full sintetis. Semakin baik kualitas oli karena semakin baik material yang digunakan.

2. Sesuaikan viskositas oli 

Viskositas atau tingkat kekentalan oli harus menyesuaikan dengan kendaraan kamu. Contohnya untuk mobil di bawah usia 10 tahun dapat menggunakan oli 5W-40. Kalau sudah lebih dari 10 tahun, sebaiknya gunakan oli 15W-40.

Sudah menentukan oli mobil diesel terbaik pilihanmu? Jangan lupa rutin ganti oli mobil kamu ya. Kamu bisa menemukan promo ganti oli di bengkel terdekat via aplikasi Otoklix. Instal sekarang juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *