Persiapan Sebelum Puasa

Segera Lakukan 5 Hal Ini Agar Puasa Ramadhan Lancar

Puasa menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Selain harus menahan lapar dan haus, saat momen puasa tiba masing-masing keluarga biasanya mulai menjalankan tradisinya. Namun sebelum puasa tiba ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk menunjang ibadahmu nanti. Apa sajakah itu?

1. Membersihkan Rumah

Saat puasa nanti mungkin kamu tidak akan memiliki cukup energi untuk bersih-bersih. Biasanya aktivitas kamu juga akan menjadi terbatas dan banyak menghabiskan waktu di rumah. Agar tetap nyaman saat dirumah, kamu bisa mulai melakukan kegiatan bersih-bersih rumah dari sekarang. Buat jadwal untuk pembagian pengerjaan dan ajak semua anggota keluarga untuk ikut berpartisipasi agar kegiatan ini tidak menjadi membosankan dan melelahkan. 

Kamu bisa mulai dengan melakukan pembersihan pada setiap ruangan yang ada di rumah. Pastikan kamar, dapur, toilet, dan ruang keluarga tetap bersih. Lalu lanjut ke tempat-tempat penyimpanan seperti lemari dan kulkas. Kalau rumah kamu bersih, ibadah puasa kamu jadi lebih nyaman dan lancar kan?

2. Cuci Peralatan Ibadah

persiapan sebelum puasa

Peralatan ibadah menjadi poin penting di bulan Ramadhan nanti. Cuci semua peralatan ibadah kamu sehingga aktivitas beribadah menjadi lebih nyaman. Kamu perlu cuci bersih semua peralatan untuk ibadah seperti mukena, sarung, dan sajadah. Jangan lupa untuk menjemur di bawah sinar matahari langsung dan tambahkan pewangi pakaian agar aromanya tetap segar.

3. Olah Raga Teratur

olahraga saat puasa

Ini saatnya kamu mulai rutin melakukan olahraga. Selama berpuasa tubuh akan mudah lemas, sehingga kita perlu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Untuk pemula, kamu bisa mulai dengan olahraga ringan seperti berjalan atau jogging di jalan sekitar rumah atau kamu juga bisa melakukan gerakan yoga sederhana di rumah dengan mengikuti instruksi dari video youtube. Jangan terlalu memaksakan diri, yang terpenting adalah jadwal olahraga yang teratur. 

Selain olahraga, kamu juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Sayur dan buah sangat membantu untuk membuat badan tetap sehat. Jika perlu kamu juga bisa mengkonsumsi multivitamin untuk menambah daya tahan tubuh di tengah pandemi ini.

4. Sedia Makanan Siap Saji

persiapan menu saat sahur dan buka puasa

Untuk menghemat waktu memasak saat sahur atau berbuka, kamu bisa membeli beberapa stok bahan makanan yang mudah diolah dan siap saji. Eits, jangan disalah artikan makanan cepat saji dengan junk food ya. Kamu bisa membuat ungkepan ayam lalu menyimpannya di kulkas, misalnya. Jadi kamu dapat langsung menggorengnya jika saat sahur atau berbuka kamu tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan makanan. Membuat daftar menu terlebih dahulu juga bisa memudahkan kamu saat berbelanja bahan makanan nanti.

5. Jadwalkan Servis Mobil

booking servi mobil Otoklix

Tidak hanya soal kesehatan tubuh, kesehatan mobil juga perlu dijaga. Agar jadwal ibadah tidak terganggu dan kondisi mobil tetap prima kamu bisa mulai lakukan penjadwalan servis mulai sekarang di Otoklix.com atau install aplikasinya di handphone kamu agar lebih mudah. Dengan melakukan servis di awal kamu tidak perlu khawatir lagi soal kondisi mobilmu. Apalagi jika kamu memiliki rencana untuk melakukan perjalanan jarak jauh bersama dengan keluargamu. Sebelum berangkat, kamu wajib melakukan servis berkala dan melakukan pengecekan pada komponen mobil. Jangan lupa untuk melakukan penggantian oli dan filter oli secara berkala juga.

Jadi kamu sudah melakukan persiapan apa saja nih?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *