service alarm mobil

Cara Service Alarm Mobil saat Alarm Mendadak Mati

Alarm mobil menjadi sistem yang diperlukan untuk menjaga keamanan mobil. Namun, bagaimana jika alarm mobil rusak, semisal menyala sendiri atau malah tidak berfungsi sama sekali?

Untuk itu, Otoklix akan memberikan informasi penyebab alarm mobil mati dan cara service alarm mobil.

Cara Service Alarm Mobil Sendiri

Memperbaiki alarm mobil bisa kamu lakukan sendiri tetapi bisa jadi juga butuh ke bengkel. Berikut beberapa tahapan yang bisa kamu coba saat ada masalah pada alarm mobil.

1. Mengganti baterai alarm

Umur rata-rata baterai remote adalah tiga tahun. Saat memencet remote dan mobilmu merespon lemah atau bahkan tidak respon sama sekali, kemungkinan baterai remote alarm mobil kamu sudah habis.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu cukup mengganti baterai remote alarm. Mengganti baterai remote pun bisa dilakukan sendiri di rumah. 

Biasanya ada dua model baterai remote alarm mobil, yaitu model pipih CR2016 atau model baterai konvensional dengan ukuran A27. Setelah mengetahui model baterai, buka panel penutup remote. Hindari mencungkil panel dengan kasar karena bisa merusak remote. 

2. Perbaiki frekuensi alarm

Jika kamu memarkir mobil dekat dengan menara pemancar radio, kemungkinan gelombang radio yang diterima mobil dari remote akan terganggu karena alarm mobil bekerja menggunakan gelombang radio.

Sinyal remote akan kesulitan mencari receiver mobil kamu karena terganggu frekuensi gelombang lain. Jadi, untuk service alarm mobil dengan kasus seperti ini, kamu cukup mendekatkan remote dengan mobilmu agar bisa terhubung dengan receiver.

3. Memperbaiki sekring

Sekring adalah komponen yang bertugas menjaga arus listrik mobil. Jika sekring rusak, maka komponen mobil yang berhubungan dengan listrik pun akan mengalami gangguan, termasuk alarm mobil. Cara service alarm mobil yang error karena kerusakan sekring adalah menggantinya dengan sekring baru.

Pertama, buka panel sekring, yang biasanya terletak di bawah kemudi atau dashboard (kamu bisa cek buku manual untuk mengetahuinya). Kemudian lepas sekring yang lama dan ganti dengan yang baru. Pastikan kamu mengganti sekring lama dengan sekring baru yang kapasitasnya sama, ya.

4. Mengganti aki

Seperti sudah disinggung di atas, salah satu penyebab alarm mobil mati adalah aki yang soak. Jadi kamu perlu mengganti aki mobil. Mengganti aki mobil ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Sebelum mengganti aki mobil, kamu harus memastikan mesin mobil mati, ya. Setelah mobil mati, buka kap mesin. Dalam kondisi kap terbuka, kamu akan melihat kotak aki. 

Lepaskan terminal negatif aki untuk mencegah munculnya percikan api. Baru setelah itu lepaskan terminal positif. Lalu, lepaskan aki yang rusak. Bersihkan kabel terminal serta dudukan, kemudian pasang aki baru.

Penyebab Alarm Mobil Mati

Supaya bisa antisipasi untuk segera service alarm mobil, kamu perlu tahu apa saja penyebab alarm menjadi error. Berikut beberapa hal yang bisa kamu perhatikan.

1. Aki soak

Aki adalah komponen penting dalam kelistrikan mobil. Jadi, jika aki soak, sangat mungkin alarm mobil mengalami error. Aki soak ini juga adalah penyebab umum alarm mobil tidak berfungsi. Cara mengetahui aki soak adalah kamu akan mendengar suara tidak sekencang biasanya saat remote alarm ditekan untuk buka pintu.

Cara service alarm mobil untuk kasus seperti ini, kamu disarankan agar segera mengganti aki mobil dengan yang baru. Jadi, suplai kelistrikan mobil menjadi normal kembali.

2. Baterai habis

Baterai remote mobil habis tentu saja bisa menyebabkan alarm mobil error. Jika kamu memencet tombol pada remote dan mobil tidak merespon dengan sinyal bunyi atau membuka kunci, bisa jadi baterainya habis.

Tanda lain baterai remote alarm habis juga adalah lemah atau redupnya lampu indikator. Kamu bisa mencoba mengganti baterai remote alarm mobil kamu.

3. Jalur alarm rusak

Kamu sudah mengganti baterai remote tetapi alarm tetap tidak berfungsi dengan baik? Kemungkinan masalahnya adalah jalur alarm yang rusak. Kalau jalurnya rusak, maka ketika alarm ditekan, kedua lampu sein mobil menyala tapi alarm tidak bunyi.

Namun, bisa juga sebaliknya, yaitu alarm bunyi, lampu nyala, tapi pintu mobil tidak terkunci. Kalau kasusnya begini, cara memperbaiki modul alarm mobil adalah dengan mengganti unit yang rusak tersebut. Kamu bisa melakukan penggantian ini di bengkel.

4. Gangguan frekuensi

Salah satu hal penting yang menunjang kinerja alarm adalah gelombang radio. Kadang, gelombang radio akan terganggu karena berbagai hal, salah satunya adalah parkir di dekat pemancar radio, Base Transceiver Station (BTS) provider telepon seluler, dan sebagainya.

Pemancar radio dan sebagainya itu mengganggu sinyal atau gelombang remote mobilmu Kamu bisa mencoba mendekatkan remote ke mobil agar receiver alarm bisa menerima gelombang radio dengan lebih kuat.

Itu adalah penyebab alarm mobil mati dan cara service alarm mobil kamu sendiri. Kalau tidak bisa melakukan service sendiri, sebaiknya datangi bengkel terpercaya ya.
Kamu bisa mencari bengkel terdekat di lokasi kamu melalui aplikasi dan web Otoklix.com. Otoklix adalah platform booking servis mobil yang mempertemukan bengkel dan pelanggan. Kini, Otoklix memiliki 1.000+ bengkel mitra terdaftar di website-nya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *