service kaki kaki mobil

Service Kaki-Kaki Mobil: Biaya dan Komponen di Dalamnya

Service kaki-kaki mobil biasanya dilakukan ketika mobil sudah terasa tidak nyaman, seperti getaran yang terasa tidak wajar, kaki-kaki mobil berbunyi, dan kerusakan lainnya. Padahal, service kaki-kaki mobil tidak perlu menunggu ada kerusakan, lho, bisa dilakukan sebagai perawatan rutin.

Komponen Kaki-kaki Mobil

Sesuai namanya, kaki-kaki mobil berarti adalah kesatuan sistem komponen yang letaknya berada di bawah mobil. Kaki-kaki mobil ini adalah bagian yang mendapatkan tumpuan paling besar sehingga ada beberapa komponen penting yang harus dijaga kondisinya agar tetap prima.

Yuk kita kenali dulu komponen-komponen yang berada di kaki-kaki mobil.

1. Ball joint

Ball joint adalah komponen yang berfungsi sebagai pengikat dan sumbu lower arm roda ketika mobil akan berbelok. Sehingga mobil akan tetap stabil dan seimbang. Ball joint juga menghubungkan knuckle roda dengan sayap atau arm.

Masalah yang biasanya dialami oleh ball joint adalah muncul bunyi atau roda terasa bergoyang. Getaran ini bisa merambat hingga ke lingkar setir. Hal ini biasanya terjadi karena mobil sering berjalan di atas jalanan yang tidak rata atau rusak.

Kamu bisa mengecek kondisi ball joint dengan cara mendongkrak mobil lalu tekan ban ke atas dan ke bawah. Jika terdengar gesekan atau ban naik turun dengan jeda yang jauh maka artinya mobil bermasalah.

Selanjutnya, kamu bisa melakukan service kaki-kaki mobil di bengkel terdekat.

2. Shockbreaker

Shockbreaker berfungsi meredam guncangan saat mobil sedang melaju. Guncangan ini terjadi ketika mobil melewati jalan berlubang, menanjak, atau jalanan tidak rata. Shockbreaker dibuat dari baja yang biasa tahan korosi dan dibantu pegas untuk menopang berat mobil dan muatannya.

Daya tahan shockbreaker bisa berkurang apabila mobil sering membawa muatan berlebihan. Terutama jika sedang melaju kencang mobil akan terasa limbung.

Cara mengecek kondisi shockbreaker adalah dengan memperhatikan suara bising saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi di jalanan lurus. Jika mobil terasa limbung, maka segera lakukan pengecekan ke bengkel service kaki-kaki mobil.

3. Bushing arm

Bushing arm berbentuk selongsong besi yang disokong oleh karet. Bagian kaki-kaki mobil ini berperan sebagai titik tumpu roda dan lengan pencengkeram roda. Bushing arm juga yang berperan untuk meredam getaran yang terjadi pada sambungan antar komponen suspensi. 

Bushing arm yang mengalami kerusakan biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman saat berkendara. Arah laju mobil bisa melenceng ke kanan atau kiri tanpa menyentuh setir. Maka, segera perbaiki bushing arm mobil kamu, ya.

4. Bushing stabilizer

Cara kerja bushing stabilizer hampir sama dengan bushing arm. Hanya saja komponen ini berada di link stabilizer yang menyeimbangkan antara suspensi kanan dan kiri. 

Jika terdengar bunyi berdecit saat mobil berjalan atau suara gemuruh saat menginjak pedal rem, maka kemungkinan bushing stabilizer mobil kamu bermasalah.

Cara untuk mengecek kerusakan pada bushing stabilizer adalah dengan mengendarai mobil berkecepatan sedang di jalanan lurus. Jika mobil terasa melenceng ke kanan dan kiri yang terasa sangat berat, maka kemungkinan memang terjadi kerusakan bushing stabilizer pada kaki-kaki mobil kamu.

5. Bearing

Komponen kaki-kaki mobil yang bertugas menjadi bantalan di roda adalah bearing. Komponen ini sangat mempengaruhi putaran roda sehingga berpengaruh juga terhadap kestabilan laju mobil.

Cara mengecek kerusakan bearing adalah kamu bisa mendongkrak mobil kemudian  memperhatikan putaran mobil satu per satu. Jika terdengar suara bising atau gemuruh, maka ini adalah tanda kerusakan pada bearing sehingga harus diganti dengan yang baru.

6. Tie rod

Tie rod terhubung langsung dengan bagian setir mobil sehingga jika komponen ini rusak, maka mobil bisa melenceng ke kanan dan kiri tanpa mengubah setir. Jika tie rod mengalami kerusakan biasanya terdengar bunyi yang cukup keras daripada ketika ball joint  yang rusak.

7. Peer

Peer memang salah satu komponen kaki-kaki mobil yang jarang mengalami kerusakan. Tetapi kerusakan peer memang sulit terdeteksi. Kerusakan pada peer baru akan terdeteksi saat ulir per keong atau per daun patah. Kerusakan peer bisa disebabkan oleh terkikisnya atau pecahnya bushing atau bantal peer atau ada selang yang terlilit pada bagian spiral peer.

Biaya Service Kaki-kaki Mobil

Biaya service kaki-kaki mobil biasanya cukup terjangkau. Contohnya untuk Toyota Avanza saja cukup Rp277 ribu untuk jasa pengerjaan shockbreaker belakang kanan dan kiri, sedangkan untuk bagian depan sekitar Rp382 ribu. 

Sementara itu untuk harga satuan shockbreaker depan Avanza sekitar Rp850–950 ribuan. Harga untuk shockbreaker belakang sekitar Rp450 ribuan per item.

Berikutnya inilah kisaran harga service kaki-kaki mobil.

KomponenBiaya Service
Bushing armRp300 ribuan
Tie rod Rp340 ribuan
Ball jointRp90–150 ribuan
Link stabilizerRp40 ribuan
Bearing belakangRp80 ribuan
Bearing depanRp160 ribuan

Nah, itu tadi komponen dan harga service kaki-kaki mobil. Jika kamu mencari bengkel untuk service mobil, kamu bisa instal aplikasi Otoklix. Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *