service stir mobil

Service Stir Mobil: Bagian yang Perlu Dicek & Biaya

Stir mobil pasti menjadi salah satu bagian mobil yang sangat penting. Bahkan, desain sarung atau cover stir mobil juga banyak dijual bebas untuk menjaga kain pelapis stir atau sekadar mempercantik tampilan.

Namun, bagaimana jika stir mobil kehilangan keseimbangan? Bisa-bisa aktivitas berkendara kamu menjadi terganggu karena stir sulit dibelokkan. Simak dulu penyebab sehingga kamu harus melakukan service stir mobil yuk.

Cara Service Stir Mobil

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat service stir mobil:

1. Periksa kaki-kaki mobil

Terkadang stir mobil terasa sulit dikendalikan saat dikendarai. Hal ini biasanya disebabkan oleh komponen kaki-kaki mobil yang sudah mencapai masa pakai. Maka, yang bisa kamu lakukan untuk service stir mobil adalah mengganti kaki-kaki mobil kamu.

Komponen yang diganti terdiri dari steering rack, bushing arm, ball joint, tierod, long tie rod, dan komponen kaki-kaki lainnya. Semua komponen kaki-kaki tersebut sebaiknya dilakukan pengecekan setiap enam bulan sekali. 

Namun, jika kamu bukan pengguna mobil yang aktif, bisa juga melakukan pengecekan selama satu tahun sekali agar kaki-kaki mobil tetap bagus.

2. Mengecek tekanan ban

Tiba-tiba stir mobil kamu mulai terasa berat saat sedang berkendara. Maka hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek tekanan ban mobil. Penyebab stir mobil terasa berat mungkin dipengaruhi oleh ban yang tekanan udaranya kurang. 

Hal ini adalah salah satu yang menyebabkan kemudi susah untuk dibelokkan. Kamu bisa mengecek apakah ban mobil kamu kempes atau kurang angin. Tetapi jika ingin lebih akurat, kamu bisa memukul ban dengan benda keras seperti batang besi. 

Maka cara service stir mobil yang terasa berat akibat tekanan ban berkurang hanyalah mengisi angin ban mobil kamu.

2. Menyesuaikan pengaturan FWA

Stir mobil berat juga bisa disebabkan oleh roda mobil yang memiliki sedikit kemiringan yang tidak seimbang dengan ban depan atau belakang. 

Inilah yang dinamakan sebagai sudut chamber atau FWA (Front Wheel Alignment). 

Kamu hanya perlu melakukan pengaturan FWA, maka secara otomatis kemudi akan terasa lebih ringan. Pengaturan FWA ini bisa kamu lakukan di bengkel service stir mobil dan melakukan balancing roda. 

3. Cek kondisi cairan pada power steering

Power steering biasanya menggunakan prinsip hidrolik untuk memindahkan tenaga. Jika cairan power steering ini berkurang, ini bisa menyebabkan daya yang dihasilkan oleh komponen pompa power steering tidak dapat tersalur dengan sempurna.

Jika pompa power steering tidak bekerja optimal, yang terjadi adalah tekanan hidrolik oli ke power steering rack pun berkurang sehingga bagian setir berat.

Jika cairan power steering mengalami degradasi, maka kemampuan pelumasnya akan berkurang. Supaya kemudi kembali normal, kamu bisa melakukan pengisian cairan power steering atau ganti dengan yang baru. Pastikan cairan power steering dalam kondisi normal.

Jangan lupa juga untuk mengecek bagian tabung reservoir oli di dalam ruang mesin ya.

4. Retrim stir mobil

Untuk kerusakan pada pelapis stir mobil, kamu bisa melakukan retrim. Retrim stir mobil adalah penggantian seluruh material pelapis lingkar kemudi atau setir. Yang satu ini memang tidak berdampak ke kemudi oleng, tetapi mempengaruhi estetika interior mobil. Jadi, kamu harus simak service stir mobil untuk mempercantik stir mobil kamu.

Pelapis stir mobil umumnya akan jelek atau rusak jika sudah memasuki lima tahun. Apalagi jika kamu jarang melakukan service stir mobil. Stir mobil perlu rutin dibersihkan dengan lap microfiber agar lapisannya tetap bagus. Khusus bahan kulit, bisa ditambahkan cairan khusus untuk bahan kulit

Proses retrim bisa dilakukan pada material berbahan kulit maupun non kulit, serta lapisan berbahan wooden atau kayu, bahkan carbon fiber. Umumnya kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp600-1,5 juta untuk bahan kulit dan Rp350 ribuan untuk bahan non kulit.

Harga Ganti Stir Mobil yang Baru

Berbeda lagi harganya jika kamu mau mengganti dengan stir mobil yang baru. Harganya bisa Rp6 jutaan, tergantung model stir mobilnya. Harga stir baru dipengaruhi oleh fitur-fitur mobil. Pasalnya, ada fitur-fitur yang pengoperasiannya dilakukan dari setir, misalnya audio, cruise control, paddle shifter, bahkan airbag.

Nah, itu tadi yang bisa kamu lakukan untuk service stir mobil. Untuk mengubah tampilan, kamu bisa juga menggunakan cover stir mobil yang banyak dijual di pasaran.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *