aki mobil soak

Penyebab Aki Mobil Soak dan Cara Mengatasinya

Aki mobil soak menjadi salah satu masalah umum yang terjadi pada mobil. Aki mobil yang soak ini bisa membuat mobil tiba-tiba mogok. Tidak ingin hal ini terjadi, kan?

Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu mengetahui penyebab aki mobil menjadi soak agar bisa menghindari dan juga bisa merawat aki mobil dengan lebih baik. Simak selengkapnya ya.

Penyebab Aki Mobil Soak

1. Mobil jarang dipakai

Jarang bepergian karena masa pandemi? Jangan malas memanaskan mobil ya. Mobil yang jarang digunakan tidak akan mendapat suplai listrik yang cukup, jadi kerja aki pun menjadi kurang optimal. Aki pun akan menjadi tekor hingga mobil yang sulit dihidupkan. 

Jika kamu jarang menggunakan mobil untuk bepergian, paling tidak panaskan mobil secara rutin agar suplai listrik selalu terjaga dan usia pakai aki menjadi lebih awet. Ciri aki mobil soak adalah komponen listrik pada mobil melemah, contohnya klakson yang suaranya tidak nyaring, lampu yang tidak terlalu terang, dan sebagainya.

2. Penggunaan mobil yang tinggi

Berkebalikan dengan jarang digunakan, mobil yang selalu digunakan dengan intensitas tinggi juga lama-kelamaan membuat aki soak. Hal ini disebabkan karena pemakaian secara terus menerus membuat aki bekerja ekstra. Jika mobilitas kamu memang tinggi, pastikan memeriksa kondisi aki secara rutin.

3. Air aki habis

Salah satu penyebab aki mobil soak adalah air aki yang sudah habis dan kamu tidak menyadarinya sehingga tidak bisa segera dilakukan perawatan. Hal ini terjadi pada aki basah yang secara rutin harus diisi ulang air aki. Kamu bisa melihatnya pada indikator yang terdapat pada wadah aki. Jika sudah mencapai batas minimal atau warnanya menjadi keruh, segera kuras atau isi ulang air aki.

4. Kecilnya kapasitas aki mobil

Jika kamu memilih menggunakan kapasitas aki mobil yang kecil, kamu juga perlu siap untuk mengurangi kebutuhan kelistrikan mobil. Kebutuhan kelistrikan mobil yang tidak diimbangi dengan kapasitas aki akan membuat aki cepat soak.

5. Penggunaan aksesoris mobil berlebihan

Hal ini berhubungan dengan kapasitas aki mobil yang kecil. Boleh-boleh saja melakukan modifikasi mobil dengan menambahkan beberapa aksesoris. Misalnya menambahkan sound system yang lebih bagus atau lampu-lampu yang menarik. Sistem audio ini yang biasanya membutuhkan listrik yang besar. Pastikan aki mobil kamu cukup untuk menyuplai kebutuhan listriknya. Aki yang sering tekor lama kelamaan akan menjadi soak.

6. Menggunakan lampu projector

Selain audio, lampu projector juga menyedot listrik yang cukup banyak. Jadi sebelum memasang lampu proyektor, kamu perlu memperhatikan spesifikasi lampu dan berapa daya yang dibutuhkan. Kemudian sesuaikan dengan kapasitas aki mobil kamu. Jika kapasitas kurang, maka aki perlu diganti dengan aki yang memiliki kapasitas lebih besar.

7. Aki telah memasuki usia pakai

Semua komponen mobil akan soak ketika sudah mencapai usia pakainya. Contohnya untuk umur aki mobil tipe aki kering yang membutuhkan sekitar 2 tahun untuk diganti dengan yang baru. Maka dari itu kamu perlu mencatat dan mengingat kapan saat yang tepat untuk mengganti aki mobil.

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

Aki yang soak bisa diperbaiki sebelum kamu memutuskan untuk membeli aki baru. Hal ini bisa sedikit memperpanjang usia pakai aki kering dan membuat komponen mobil kamu kembali berfungsi normal.

1. Siapkan seluruh alat

Kamu perlu menyiapkan obeng minus, air aki zuur untuk mengisi aki baru, lap, suntikan tinta printer, gergaji atau pisau, dan selotip.

2. Lepaskan aki

Lepaskanlah aki dari mobil dengan cara melepas kutub positif terlebih dahulu baru melepas kutub negatif. Hal ini dilakukan agar tidak ada percikan api akibat gesekan logam.

3. Bersihkan aki

Untuk memudahkan proses perbaikan aki, maka aki perlu dibersihkan terlebih dahulu. Usap dengan kain lap yang bersih.

4. Bongkar penutup aki

Bongkar penutup aki dengan menggunakan obeng minus. Jika tidak bisa, kamu bisa membuka menggunakan pisau atau gergaji pada bagian Do Not Open. Kamu perlu melakukannya secara hati-hati agar kotak tidak rusak.

5. Isi air aki/cairan aki (zuur)

Setelah terbuka, kamu akan melihat ada lubang-lubang berukuran kecil. Masukan air zuur ke dalam lubang tersebut menggunakan suntikan tinta printer. Isi sampai dengan batas 1 sentimeter  di bawah lubang aki. Setelah itu tutup kembali dan rapatkan menggunakan selotip.

Meskipun bisa diperbaiki, tetapi jangan terlena dengan kondisi ini. Aki yang sudah rusak tetap butuh diganti baru agar kondisinya benar-benar prima.

Itu dia penyebab aki mobil soak dan cara mengatasi aki mobil yang soak. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi aki. Lakukan isi ulang air aki pada aki basah dan ganti aki ketika sudah memasuki masa pakai aki kering.
Buat kamu yang butuh ganti aki, bisa lho ganti aki di bengkel terdekat mitra Otoklix. Kamu bisa jadwalkan kedatangan ke bengkel dan tahu berapa biaya ganti aki hanya melalui satu aplikasi bengkel. Jadi, tidak perlu antre lama atau deg-degan sama biaya bengkel!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *